Memblokir Internet Negatif Menggunakan DNS Nawala

watch_later Monday, October 29, 2018
comment 1 Comment
Memblokir Internet Negatif Menggunakan DNS Nawala

  Di era melimpah informasi ini, kita dihadapkan oleh beribu berita dan konten yang tersebar di internet. Bukan hanya konten yang positif, tak sedikit konten negatif termasuk isu hoax pun ikut tersebar diantaranya. 


 Oleh karena itu kita memerlukan pemfilter atau penyaring konten konten yang kurang pantas untuk dilihat itu, salah satu sistem pemfilter konten negatif ialah DNS Nawala, siapa itu dns nawala?? siapa penciptanya ?? bayar ngga ya??.



 Tenang saja, dns nawala ini salah satu sistem open source, artinya sistem ini gratis dapat disebar luaskan dan di gunakan oleh siapa saja.  Lalu siapa siapa yang membuatnya?, masa nda tau si, yang buat itu orang yang pertama kali melakukan online ke luar negeri. 



 Benar sekali, beliau adalah pak onno w purbo, dengan gayanya yang copyleft, beliau membuat dns nawala guna membantu kita dalam memfilter konten konten yang kurang baik untuk dilihat.


Masih belum kenal dengan dns nawala?? mari kita belajar lagi

DNS NAWALA adalah  layanan Domain Name Sistem yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. 

Keunggulannya apa nih??
1. yang pasti gratis, kalo gratis ya kita nda perlu ngeluarin isi dompet kan
2. mudah digunakan, zaman sekarang masa si masih ribet, mie aja instan
3. apabila ada konten negatif yang lolos, tenang aja kirim form pengaduan ke dns nawala, nantinya team akan mengeblok konten negatif yang lolos tersebut
4. dan yang terpenting keluarga disekitar kita bisa terhindar dari konten konten negatif, sehingga tidak terjumus ke hal yang kurang baik

DNS Nawala sendiri memiliki dua ip yaitu :

DNS #1: 180.131.144.144
DNS #2: 180.131.145.145

 Nah kita bisa menggunakan salah satu dari dua dns yang diberikan oleh pak admin, tapi kalo mau make dua duanya ya itu tidak dilarang si, malah lebih bagus.

Cara make DNS Nawala gimana nih ?? 
gini caranya khusus untuk windows user

Pertama buka control panel, tinggal kombinasi keyboard Ctrl + R, lalu tuliskan control panel

Kedua klik pada network and internet lalu pilih network and sharing center

Ketiga klik pada change adapter settings kemudian klik dua kali pada adapter yang terkoneksi pada internet

Keempat klik pada properties, lalu scrool ke bawah cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih properties

Kelima Pilih Use the following DNS server addresses dan masukan ip  180.131.144.144 dan pada Alternate DNS di isi dengan ip 180.131.145.145 lalu klik oke. dan selesai.


Sekian yang bisa saya sharingkan mengenai cara Memblokir Internet Negatif Menggunakan DNS Nawala , semoga bermanfaat. :)




sentiment_satisfied Emoticon