tips Mendapatkan Teman di Lingkungan yang Baru (Adaptasi) - Sekolah, Kampus, dan Rumah

watch_later Thursday, November 8, 2018

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Tips Mendapatkan Teman di Lingungan yang Baru (Adaptasi)  - Sekolah, Kampus, dan Rumah
Dokumentasi penulis saat beradaptasi
 Baiklah kali ini saya akan sedikit sharing bagaimana cara untuk mendapatkan teman baru, atau yang sering kita sebut tips mendapatkan teman di lingkungan yang baru. Seperti biasa sebelum kita menuju kesana kita harus mengetahui dulu apa itu teman, dan apa itu lingungan.

 Teman menurut KBBI adalah orang yang bersama-sama bekerja (berbuat,berjalan);lawan(bercakap-cakap). Menurut saya sendiri, teman ialah orang yang mengisi keseharian kita entah itu langsung ataupun melalui media digital. Lingkungan menurut KBBI adalah daerah (kawasan dan sebagainya) yang termasuk didalamnya. 

 Setelah kita mengetahui pengertian dari teman dan lingkungan, perlahan mari kita mencari tau, bagaimana si cara mendapatkan teman atau adaptasi di lingkungan yang baru.  

1. Berani Membuka Pertanyaan
 Ketika kita berada di suatu lingkungan, kita perlu membuka pertanyaan terlebih dahulu apabila kita tidak ditanyai, karena dimungkinkan seseorang disamping kita itu ragu untuk membuka pertanyaan, kenapa? ya mungkin saja karena kita orang baru. Oleh karena itu kita perlu membuka pertanyaan terlebih dahulu.

2. Memberi Senyuman
 Senyuman merupakan awal dari sebuah komunikasi, hal ini menandakan kita menerima orang lain untuk berkomunikasi. Maksudnya seseorang melihat orang asing itu dari raut wajahnya, apakah menyeramkan, menyenangkan atau membingungkan. Dari situlah orang menilai dan menyimpulkan, walaupun itu semua belum cukup untuk yang namanya berkenalan. Yaa bahasa kerennya First Impresaion, pada intinya kita perlu murah senyum agar orang lainpun mau membuka topik komunikasi seperti pada nomer satu tadi.

3. Percaya Diri
 Memerlukan kepercayaan diri yang lebih apabila ingin mendapatkan teman, caranya?? cukup diawali dengan dua pernyataan tadi. Memang percaya diri itu penting sekali, bukan hanya di sisi mencari teman, disisi lainpun kepercayaan diri itu diperlukan. So cobalah sedikit demi sedikit membangun kepercayaan terhadap diri sendiri.

4. Mengikuti Organisasi
 Tempatnya banyak orang ya organisasi kan, disitulah kita bisa mengenal banyak teman, dan disitu juga yang membantu kita dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jadi perlu sekali kita bergabung dalam salah satu organisasi di sekolah, kampus atau lingkungan rumah, agar kita dapat beradaptasi dengan mudah dilingkungan kita nanti.

5. Tunjukan Potensi
 Tidak sedikit orang yang berteman dengan orang yang sejalan dengannya. Walaupun itu non recomend, tapi itulah cara kita bisa mendapatkan teman yang nyaman. Karena enak aja si kalo punya temen yang satu jalan gitu, tapi bukan berarti kita menutup diri dengan orang yang berbeda kesukaan ya. Dont be fanatical right.

6. Friendly
 Sebagai orang baru, kita perlu yang namanya ramah, sopan, santun. Ya tau kan, masa iya orang baru langsung songong, ya di kucilkan lah. Maka dari itu kita perlu laa menghargai apa yang sudah ada, kalopun nda suka ya kita tahan aja dulu dan cobalah untuk menghargai. Karena tidak semua yang kita katakan baik itu aslinya ban sebaliknya. 

 Pada intinya, semua itu kembali kepada diri kita masing masing, hanya kitalah yang bisa melakukan dan merubah pola pikir dan mental kita masing masing. Saya hanya bisa membantu mendorong melalui pengalaman saya sebagai orang baru. Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, nantikan artikel selanjutnya ya. tips Mendapatkan Teman di Lingkungan yang Baru (Adaptasi)  - Sekolah, Kampus, dan Rumah






sentiment_satisfied Emoticon