Tips/Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Ujian dan Sebuah Perlombaan Agar Menjadi Juara - Renungan Untuk Diri " Renungkan Kesiapan akan Persiapan "

watch_later Sunday, November 4, 2018
Assalamu'alaikum Wr. Wb

 Perkenalkan nama saya gunawan, disini saya akan membagikan sedikit celotehan saya mengenai kesiapan akan persiapan. Ketika kita mau mengikuti atau melakukan suatu hal pastilah kita membutuhkan sesuatu yang disebut Persiapan.

Persiapan sendiri merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mempersiapan apa yang nanti akan dikerjakan. Sedangkan menurut KBBI, Persiapan adalah perbuatan (hal dan sebagainya) bersiap-siap atau mempersiapkan; tindakan (rancangan dan sebagainya) untuk sesuatu.

 Nah, Arti Kesiapan sendiri itu apa sih??. Kesiapan itu ya seperti kata dasarnya itu, SIAP artinya suatu hal yang sudah siap atau sudah 100%. Lalu apa hubungannya persiapan dan kesiapan untuk menjadi juara.

 Jadi gini, untuk mengikuti sebuah perlombaan tentunya kita membutuhkan persiapan bukan??. Kita membutuhkan juga yang namanya Kesiapan. Walaupun persiapan sudah selesai tapi kita belum memiliki kesiapan semua persiapan bisa saja menjadi berkurang. Oleh karena itu kita membutuhkan yang namanya keseimbangan antara persiapan dan kesiapan. 

 Kesiapan bisa terbentuk karena totalitas akan persiapan, maksudnya?? kita harus memfokuskan pemikiran dan waktu kita terhadap hal yang akan persiapkan. Bukan cuma di salah satu bidang, disemua bidangpun kita perlu yang namanya persiapan dan kesiapan.

 Pahami setiap persyaratan yang ditentukan. Kita bisa siap karena kita mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh panitia ataupun oleh penyelenggara. Jadi kita tidak lagi kebingungan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Setelah kita mempersiapkan untuk kesiapan, yang tak kalah penting kita harus meminta doa restu dari kedua orang tua dan lingkungan kita. Karena doa adalah kunci utama untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Karena semua yang kita persiapkan dan kesiapan kita itu kembali kepada sang pencipta, semua keputusan dan takdir berada di tanganNya. Kita sebagai makhluk ciptaanNya hanya bisa Berdoa dan Berusaha. 
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra’d:11)

Mari kita simpulkan, hal yang perlu kita lakukan sebelum mengikuti ujian dan agar kita menjadi juara di suatu perlombaan ialah :
1. Memiliki persiapan dan kesiapan yang matang
2. Memahami ketentuan yang ditentukan
3. Fokus pada tujuan yang diinginkan
4. Meminta doa restu dari kedua orang tua dan kerabat
5. Berserah diri kepada yang kuasa

Sekian dulu nih temen temen, sedikit celotehan dari saya, jangan lupa baca juga artikel lainnya ya :). Tips/Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Ujian dan Sebuah Perlombaan Agar Menjadi Juara - Renungan Untuk Diri " Renungkan Kesiapan akan Persiapan "



sentiment_satisfied Emoticon